Rabu, 02 November 2016

10 Fakta Menarik Bulan November

Lisa Rupp//CC BY 2.0
10 Fakta Menarik Bulan November - Kali ini kita akan membahas sebuah bulan yang penuh dengan makna dan mungkin juga terdapat kenangan , baik itu kenangan yang indah maupun yang pahit bagi kamu.

Sekilas tentang bulan November , November merupakan bulan ke sebelas dari Kalender Gregorian. Bulan ini memiliki tiga puluh hari serta Kata November sendiri diambil dari Bahasa Belanda yang mengambil Bahasa Latin , yaitu Novem yang berarti “Sembilan” .
Mengapa November artinya sembilan padahal harusnya sebelas bukan ? . Ini dikarenakan pada zaman dahulu kalender bermula pada bulan Maret sehingga bulan November menjadi bulan kesembilan.

Dan dalam bahasa Slovania , arti dari bulan “November” sendiri yaitu baru. Maka bisa kita simpulkan bahwa bulan November itu bisa dianggap sebagai bulan Kebaruan. (Wikipedia)

November atau Nopember ?

Berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan atau yang lebih dikenal dengan singkatan EYD yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Penerbit Balai Pustaka, Cetakan Pertama Edisi III, tahun 2001, pengejaan yang benar adalah bulan "November", bukan bulan "Nopember". Nah udah taukan mana yang benar .

Tokoh Indonesia yang Lahir Bulan November

Pada bulan ini terdapat banyak sekali tokoh tokoh terkenal Indonesia yang merayakan hari lahirnya , adapun sebagian tokoh tersebut , yaitu:
  • Abraham Samad      =   27 November 1966 (49 tahun), asal Makassar
  • Andik Vermansyah  =   23 November 1991 (24 tahun), asal Kabupaten Jember
  • Titiek Puspa             =   1 November 1937 (79 tahun), asal Tanjung, Tabalong
  • Sule                          =   15 November 1976 (39 tahun), Asal Kota Cimahi
  • Aburizal Bakrie          =    15 November 1946 (69 tahun), Asal Jakarta

Berdirinya Klub Sepak Bola Juventus F.C

Pada tanggal 1 November 1897, klub sepak bola Juventus F.C. berdiri di Kota Torino, Italia. Klub ini kemudian menjadi salah satu klub terbesar di Italia, bahkan Eropa dan dunia. Klub ini sudah menjuarai 32 kali gelar Liga Domestik dan 2 kali gelar Liga Champions Eropa. Adapun nama Fans dari Juventus ini dikenal dengan nama “Juventini” bersama dengan julukannya  yaitu I Bianconeri.

Hari Vegan Internasional

Tau gak sih kamu apa itu Vegan ? . Vegan adalah orang yang memakan makanan yang berasal dari tumbuhan murni 100% , contohnya  seperti biji – bijian , sayuran serta buah – buahan dan mereka mengecualikan makanan yang berasal dari hewani dari kehidupan mereka .

Adapun alasan mereka mengecualikan makanan yang berasal dari hewani yaitu  Karena faktor Kesehatan ,  Moral , serta untuk menjaga Kelestarian Lingkungan. Adapun pada Bulan November dibuka oleh Hari Vegan Internasional pada tanggal 1 November. Tanggal ini adalah tanggal berdirinya International Vegan Society pada tahun 1944.

Tragedi Semanggi 1998

Tragedi ini menunjuk kepada dua kejadian protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa MPR yang mengakibatkan tewasnya warga sipil. Kejadian pertama dikenal dengan Tragedi Semanggi I terjadi pada tanggal 11 – 13 Bulan November 1998. Dan kejadian kedua dikenal dengan Tragedi Semanggi II yang terjadi pada tanggal 24 september 1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan 11 orang lainnya di seluruh Jakarta serta menyebabkan 217 korban luka – luka.

Hari Pahlawan Indonesia

Hari Pahlawan di Indonesia diselenggarakan tiap tahunnya pada tanggal sepuluh November untuk memperingati jasa jasa para Pahlawan yang gugur dalam pertempuran di Kota Surabaya antara para pahlawan Indonesia dan Sekutu , dan ini merupakan konflik bersenjata skala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah diadakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Hari Diabetes Sedunia

Tiap tanggal 14 November selalu diperingati Hari Diabetes Seluruh Dunia . Tanggal 14 ini ditetapkan oleh WHO dan IDF yaitu lembaga atau organisasi kesehatan dunia.

Peringatan ini bertujuan untuk mempertinggi kewaspadaan global terhadap risiko penyakit Diabetes. Peringatan hari Diabetes Seluruh Dunia ini ditujukan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat di beragam belahan dunia menggiatkan beragam aktivitas untuk mencegah angka kesakitan akibat Diabetes yang makn meningkat tiap tahunnya.

Lahirnya Permainan Monopoli

Monopoli adalah salah satu permainan yang paling digemari di dunia di masanya. Permainan yang mengajarkan kita ilmu ilmu ekonomi dengan cara yang simple tapi asik ini diciptakan oleh “Charles Darrow” dan dijual secara luas oleh Perusahaan Parker Brothers pada tanggal 5 November 1935.

Penetapan Rupiah sebagai Mata Uang Resmi Indonesia

Pada tanggal 2 November 1949 , kesimpulan dari Konferensi Meja Bundar atau yang lebih dikenal (KMB) yang dilaksanakan di Den Haag menghasilkan keputusan dan penetapan Rupiah sebagai mata uang resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dapat digunakan untuk kegiatan ekonomi dan transaksi dalam negeri.

Negara Yang Merdeka Pada Bulan November

November juga merupakan bulan yang penuh suka cita , pasalnya pada bulan ini terdapat beberapa Negara yang meryakan Hari Kemerdekaannya. Adapun beberapa Negara Tersebut , yaitu :
  • Lebanon         =         22 November 1943
  • Kamboja         =         09 November 1953
  • Dominika       =         03 November 1978 

Mungkin hanya ini yang bisa saya share kali ini , semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi kita semua . Matahari terbit dari timur , awan terbang mebumbumbung tinggi , taka ada yang tahu batasan umur , sampai jumpa lagi.
Load disqus comments

0 komentar