Senin, 24 Oktober 2016

Fakta Unik Panas Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Fakta Unik Panas - Ok para agan yang baik hatinya dan para sista yang cantik parasnya , kali ini kita akan membahas tentang “Panas” . Tau gak sih kamu apa definisi panas itu ? .
Panas atau juga bisa disebut kalor ialah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah Joule . Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah.
Nah udah pada taukan sekarang apa itu panas , sekarang kita akan bahas fakta fakta menarik mengenai panas.

1.Death Valley

Kārlis Dambrāns//CC BY 2.0
Death Valley merupakan padang pasir yang terletak di Negara bagian California . Gurun ini merupakan daerah terendah di Amerika Serikat serta merupakan daerah terkering.
Death Valley merupakan tempat yang sangat panas di bumi ini. Suhu rata – rata di Death Valley pada musim panas bisa  mencapai 100° F (37° C) dan rata-rata suhu pada bulan Agustus adalah 113,9° F (45,5° C). Bahkan suhu terpanas yang pernah tercatat di Death Valley adalah sebesar 134° F (57,1° C) pada 10 Juli 1913. 

2.Suhu Tubuh Manusia

Sergio Pappalardo//CC BY 2.0
Manusia sebagai makhluk hidup pasti mempunyai panas tubuh. Dan panas tubuh manusia itu tidak pernah tetap , melainkan selalu berubah ubah. Semisal kamu pada malam hari mempunyai suhu sebesar 28° C tetapi pada pagi hari , suhu kamu pasti berubah misalnya menjadi 32° C dan pada siang hari suhu kamu akan berubah lagi , misalnya menjadi 38° C , dengan kata lain suhu itu sifatnya non absolut.

Suhu tubuh manusia normal itu 37° C , dan kalau badan kamu terasa mengigil , berarti badan kamu mempunyai suhu dibawah 15° C , dan jika badan kamu terasa demam , berarti badan kamu mempunyai suhu diatas 37° C , dan jika demam itu tinggi sampai melewati 42° C , maka cepatlah kedokter terdekat , karena itu sudah parah dan jika tidak cepat dirawat bisa menyebabkan kematian.

3.Matahari

Dmitry Podolsky//CC BY 2.0
Matahari atau Surya adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Nah disini kita akan membahas tingkat atau suhu matahari sendiri. 

Adapun suhu dari inti Matahari mencapai 15 juta derajat Kelvin , kebayang gak tuh panasnya seperti apa . Adapun suhu terluar dari Matahari (Fotosfer) mencapai 5.800 derajat Kelvin dan energy yang dihasilkan oleh Fotosfer sendiri sebagian cahayanya diterima oleh bumi dalam waktu 8 menit.

4.WR 104

fabianflying1//CC BY 2.0
WR 104 merupakan tiga bintang yang menjadi sebuah kesatuan yang berjarak 7500 tahun cahaya . Adapun masa dari bintang ini adalah 25 kali lipat dari masa Matahari dan kalau dijumlahkan suhunya sebesar 1 tera Kelvin , beda jauh dengan Matahari yang hanya mempunyai suhu sebesar 15 juta Kelivin Jika bintang ini mati dan meledak , bintang ini akan menghasilkan radiasi gamma dan jika jarak bumi yaitu 7567 bilyar KM dari bintang tersebut , maka dua per tiga ozon bumi akan hilang dan kehidupan akan binasa. 

Tetapi Jarak bumi dengan bintang ini sangat jauh sehingga ledakan dari bintang ini tidak akan berdampak apa apa terhadap bumi kita.

5.Nuklir

mariatypic//CC BY 2.0
Senjata Nuklir merupakan senjata yang mengakibatkan ledakan maha dahsyat dengan skala jutaan lebih kuat dari senjata yang lainnya. Senjata ini mampu menghasilkan kekuatan yang menghancurkan segalanya ,  disertai dengan suhu ledakan yang sangat panas karena sebagian besar energy senjata ini dipancarkan melalui cahaya dan panas. 

Penting diketahui bahwa sebagian besar energi dari ledakan ini atau sekitar 85 % menghasilkan ledakan udara dan panas (suhu thermal). Suhu dari ledakan nuklir sekitar 100.000.000 ° Celcius, dan menghasilkan bola api yang cemerlang. dan sisanya sekitar 15 % dilepaskan dalam bentuk radiasi radioaktif.
Load disqus comments

0 komentar