Jumat, 16 Desember 2016

Fakta Menarik Google Daydream

Halo, apa kabar para sahabat pengetahuan36ku, kali ini kita akan membahas tentang sebuah teknologi yang memang sedang ramai-ramainya yaitu VR (Virtual Reality), dimana kita dapat berinteraksi didalam lingkungan dunia maya yang dalam bahasa indonesianya berarti “Realitas Maya”.

Pada acara Google I/O  2016 kemarin Google secara resmi mengumumkan Daydream yaitu sebuah Palform yang berfokus pada Virtual Reality unutk Mobile. Pada gelaran Google I/O 2016 di kantornya,  Mountain View, California, AS.


Sebelum diluncurkannya Google Daydream Google sendiri sebelumnya yaitu dua tahun lalu telah meluncurkan Headset VR dengan harga yang memang terjangkau yaitu Google Cardboard yang memang sangat berbeda dengan Google Daydream yang bisa dibilang penerus dari Google Cardboard.

Lalu mengapa Google meluncurkan VR khusus mobile?
Clay Bavor, mengatakan bahwa “Google ingin semua orang bisa menikmati VR dengan nyaman dan mudah diakses siapapun”,

“Sejak pertama kali hadir dengan Cardboard, kami percaya bahwa VR itu seharusnya memang mobile dan mudah dijangkau oleh semua orang,” ucap Clay Bavor di Googe I/O 2016, Shoreline Amphitater, Montain View, California, AS, rabu (18/05/2016).


Google Daydream hanya bisa digunakan untuk Android N yang memang dirancang oleh standar perusahaan seperti layar dan sensor khusus agar dapat dengan lancar menggunakannya, Google sendiri juga telah mengumumkan beberapa vendor yang akan menciptakan Smartphone yang siap untuk Google Daydream, Vendor-vendor tersebut diantaranya, Samsung, XIaomi, LG, HTC, ZTE, Asus, Huawei, dan Alcatel.

ZTE Axon 7 keluaran dari ZTE adalah Ponsel pertama yang sudah ready untuk Daydream dengan spesifikasi yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 820, layar AMOLED dan juga RAM 4GB, yang menarik dari Ponsel ini ialah harga dibandrol sekitar $399 dollar AS atau setara dengan Rp.5,2 juta.

Ponsel lain yang sudah siap untuk Dydream yaitu ada Asus Zenfone 3 Deluxe, Google Pixel dan Google Pixel XL, Moto Z & Moto Z Force (Requires Android Nougat system update), Huawei Mate 9 Pro, dan lain-lain.

Bagaimana dengan Sony Xperia X Performance, LG G5, dan HTC 10, apakah sudah ready untuk Google Daydream?, sangat disayangkan bahwa kemumngkinan besar smartphone tersebut tersebut tidak dapat menjalankan Google Daydream, karena spesifikasi layarnya menggunakan panel LCD, tapi itu masih teori saja.

Lalau bagaimana dengan spesifikasi smartphone yang memang siap untuk menajalankan Google Daydream?, yaitu Ponsel dengan spesifikasi prosesor Snapdragon 820,  minimal layar Full HD OLED, RAM 4GB dan juga sudah Android versi 7.0 atau Android N (Nougat).

nah dari spesifikasi diatas kita juga dapat simpulkan bahwa ponsel kita tidak support untuk Daydream hehe 😅😅, untuk alternatifnya kita dapat menggunaka Google Cardboard yang harganya memang jauh lebih murah.

jika kalian suka dengan artikel-artikel Pengetahuan36ku kalian dapat subcribe dan membagikannya keteman-teman kalian 😆😆.
Load disqus comments

0 komentar