Sabtu, 17 Desember 2016

Jenis-jenis Lisensi Creative Commons yang perlu diketahui


Mungkin diantara kita pernah menjumpai logo-logo seperti pada gambar diatas? atau setidaknya penah membaca seperti "Some rights reserved CC BY 2.0", dan setelah ditelusuri ternyata itu adalah lisensi dari karya-karya tersebut, maka dari itu kal ini saya akan membahas jenis-jenis Lisensi Creative Commons yang memang harus kita pahami jika memang kita salah satu orang yang memang sangat membutuhkan karya-karya tersebut tanpa harus melanggar hak cipta.


Lisensi CC BY

Dalam lisensi ini kita boleh Mengubah, Memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan bahkan untuk kepentingan Komersial asalkan dengan syarat kita harus mencantumkan nama sang pemilik ciptaan tersebut.

Lalu bagaimana saya menaruh Credit atau mencantumkan nama pemiliknya?
iT@c//CC BY-ND 2.0
kalian bisa lihat contoh diatas, pada gambar tersebut saya meletakan dua link, yang pertama adalah link untuk menunjukan siapa yg mempunyai karya tersebut, dan link yang kedua saya mencantumkan jenis lisensi yang digunkanan sang pemilik karya tersebut untuk karyanya.

Bagaimana saya mengetahui jenis lesensi yang ia gunakan?
caranya cukup mudah kalian hanya perlu mencari logo ataupun tulisan yang bertuliskan "Some rights reserved" dan kemungkinan besar disampingnya akan ada logo ataupun tulisan jenis lisensinya, nah dari tulisan ataupun logo lisensi tersebut kita klik lalu kita copy link'nya, link tersebutlah yang saya gunakan untuk mencantumkan lisensi tersebut.

Lisensi CC BY-SA

sama halnya dengan lisensi CC BY kita juga boleh menggunakan ciptaan orang lain asalkan kita menaruh credit atau mencantumkan nama sang pemilik ciptaan tersebut, Lisensi ini juga digunakan Wikipedia loh.. lalu apa bedanya dengan CC BY?

Bedanya dengan CC BY lisensi CC BY-SA selain harus mencantumkan nama sang pemilik gambar, kita juga tidak boleh menggabungkan satu gambar yang berlisensi CC BY-SA dengan lisensi lain, jadi harus berlisensi yang sama.

bagaimana jika saya gabungkan gambar yg berlisensi CC BY dengan gambar yang berlisensi CC BY-SA? jawabanya Ya asalkan memberikan pernyataan yang sesuai ketentuan CC BY, atau kalian juga bisa liat di creativecommons.or.id untuk contoh kasusnya.

jujur saja saya  agak kurang paham betul-betul dengan lisensi ini (CC BY-SA) jika kalian tahu seperti apa kalian bisa memberitahu saya melalui komentar atau menghubungi saya.


Lisensi CC BY-ND

Pada lisensi ini kita hanya boleh menggunakannya saja maupun untuk keperluan Komersial ataupun non Komersial, jadi kita tidak diperbolehkan Mengubah, Memperbaiki, ataupun membuat ciptaan turunan yang berlisensi CC BY-ND.

Lisensi CC BY-NC

Kita boleh menggunakan, mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, hanya untuk keperluan Non Komersial jadi kita tidak boleh menggunakan ciptaan yang berlisensi CC BY-NC untuk keperluan Komersial bahan jika kita menaruh credit kepada sang pemilik.

Untuk contoh simplenya seperti ini, kalian tahu Youtube? pastinya dong, nah di youtube kita bisa menghasilkan uang dengan cara membuat video, pasti sudah tahukan.
contoh kita membuat sebuah video dan memasukan musik yang berlisensi CC BY-NC ke dalam video yang telah kita buat lalu kita upload video tersebut ke Youtube, dengan alih-alih kita bisa mendapatkan uang dari video tersebut, malah sebaliknya, kita tidak akan bisa menghasilkan uang dengan video tersebut karena dalam video tersebut kita memasukan musik yang berlisensi CC BY-NC.

Lisensi CC BY-NC-SA

Lisensi jenis ini memperbolehkan kita untuk mengubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan hanya untuk kepentingan non komersial saja, akan tetapi dengan syarat anda mencantumkan credit dan menggunakan lisensi yang sama untuk membuat ciptaan turunan.
Contoh kasus kalian bisa baca di creativecommons.or.id

Lisensi CC BY-NC-ND

Untuk lisensi jenis ini, benar-benar lisensi yang memang sangat ketat, kalian hanya boleh mengunduh ciptaan atau karya yang berlisensi ini, dan membagikannya dengan syarat harus mencantumkan credit, kalian juga tidak boleh menggunkaan ciptaan dengan lisensi ini untuk kepentingan Komersial, kalian juga tidak boleh mengedit, mengubah, ataupun membuat ciptaan turunan.

oh ya ada satu lagi Lisensi yang memang sangat bebas untuk digunkan yaitu CC0 Public Domain, dalam lisensi ini kita boleh mengedit, mengubah, bahkan boleh digunakan untuk keperluan komersial maupun non komersial tanpa harus kita menaruh Credit atau tanpa kita harus mencantumkan pemilik karyanya.

*catatan: Pada semua jenis Lisensi Creative Common kalian diwajibkan untuk menaruh Credit atau mencantumkan nama sang pemilik terkecuali untuk lisensi CC0 Public Domain.
Load disqus comments

0 komentar