Sabtu, 12 November 2016

Apa Arti Warna Favoritmu

Kali ini kita akan membahas fakta menarik mengenai “arti dari warna” , pernahkah kamu berfikir apa arti dari warna kesukaanmu ?.

Sekilas tentang warna. Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih) warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Setiap warna mampu memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. Misalnya warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju. Sementara di kebanyakan negara Timur warna putih memberi kesan kematian dan sangat menakutkan karena berasosiasi dengan kain kafan (meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna). (Wikipedia).

Merah Menyala

Warna ini merupakan warna yang sangat mendominasi bila berdampingan dengan warna yang lain. Warna merah merupakan warna yang banyak menangkap cahaya.
Dalam Ilmu Psikologis , warna merah menyala menimbulkan kesan semangat, membuat orang bergairah dalam melakukan suatu hal , bahkan yang paling ekstrim warna ini dipercaya dapat meningkatkan detak jantung dan adrenalin bagi orang yang melihatnya.
Lalu secara filosofis warna merah menyala melambangkan tantangan , optimisme, keberanian, semangat, agresifitas, kemarahan, energi, dan juga perjuangan. Maka dari itu banyak sekali penggunaan warna merah yang diterapkan dalam spanduk, bendera, maupun logo dalam acara acara politik semisal demonstrasi massa ataupun hari kemerdekaan suatu negara. Tujuan penggunaan warna merah tersebut untuk membangkitkan semangat dan energi.
Contoh penggunaan warna merah ini diterapkan dalam bendera beberapa Negara , yaitu :
  • Negara Indonesia : Warna merah disini mempunyai arti keberanian. Maksud keberanian disini ialah keberanian melawan penjajah dan rela berkorban apapun demi Negara tercinta.
  • Negara Republik Rakyat China (RRC)  : Warna merah disini mempunyai arti kebaikan dan kerelijiusan. Maksud disini ialah diharapkan semua warga RRC mempelihara kebaikan dan kerelijiusan terhadap agamanya masing masing agar terciptanya Negara yang dama.

Selain itu , warna merah menyala juga identik dengan tim medis dan tim penyelamat (Pemadam Kebakaran ) yang melakukan “perjuangan” untuk menyelamatkan orang banyak.

Tapi ada sisi negative juga dalam warna merah menyala ini. Warna merah menyala ini bisa diartikan sebagai ketidakstabilan emosi , contohnya seperti marah , dendam , egois, kekerasan.

Biru

Biru ialah warna yang elegan dan cantik. Warna ini juga banyak menangkap cahaya seperti halnya warna merah menyala. Tetapi , warna biru ini tidak menimbulkan kesan semangat seperti warna merah menyala , justru menimbulkan kesan dingin.

Dalam Ilmu Psikologis , warna biru akan membuat orang yang melihatnya merasa damai , nyaman, tenang , serta dipercaya mampu membuat orang berpikir lebih jernih dan tidak emosional.

Lalu secara filosofis warna biru melambangkan kemapanan, kedewasaan, kejujuran, kepercayaan, profesionalitas, dan kemajuan. Maka dari itu biru sering dijadikan warna indentitas oleh perusahaan perusahaan modern khususnya di bidang finansial dan teknologi. Tapi dalam warna biru juga mengandung sisi negatif diantara lain sebagai lambang dari kelemahan, pesimesme, ketidaktegasaan, kesedihan , kemurungan , hingga kegagalan.

Kuning

Kuning merupakan salah satu warna yang paling banyak menangkap cahaya sehingga warna kuning ini terlihat seperti menyala nyala. Warna kuning ini dijadikan sebagai warna peringatan, seperti bendera kuning dan janur kuning yang menunjukan adanya kejadian penting , serta warna kuning juga digunakan sebagai warna lampu lalu lintas yang berpesan hati hati, dan juga warna kuning digunakan sebagai warna garis polisi , plang peringatan , daerah konstruksi maupun daerah berbahaya seperti daerah yang tercemar radioaktif. 

Dalam Ilmu Psikologis, warna kuning mampu merangsang aktivitas otak, membantu penalaran secara logis dan analitis dan memberi kesan kehangatan kepada siapapun yang melihatnya.

Namun dalam sisi negatifnya, warna kuning juga dapat menimbulkan depresi dan tertekan kepada orang yang melihatnya , “Jika orang tersebut memang sedang depresi dari awalnya”.

Lalu secara filosofis warna kuning melambangkan kecerahan, keceriaan, optimisme, imajinasi , serta dinamika. Warna kuning merupakan warna yang mencolok dan mudah dilihat sehingga banyak perusahaan maupun organisasi bahkan hingga Negara seperti “Brunei Darussalam” yang menggunakan warna kuning sebagai warna utama mereka .

Hijau

Warna hijau ialah warna yang menimbulkan rasa damai , segar, sejuk ,tenang , nyaman , serta santai bagi orang yang melihatnya. Berlainan dengan warna kuning , warna hijau ini mampu membuat orang merasa aman dan menjadi lebih rileks ketika sedang dalam kondisi tertekan dan depresi, maka dari itu hijau sering digunakan sebagai warna utama dalam atribut atribut yang berhubungan dengan orang yang sedang dalam kondisi tertekan , contohnya dalam ruangan operasi bedah ataupun ruang pengadilan , rumah sakit jiwa , dan dinas sosial.

Lalu secara filosofis warna hijau bisa melambangkan kehidupan , harmoni, pertumbuhan, kemakmuran ,kesuburan , ataupun segala hal yang berkaitan dengan tumbuhan dan alam , dan warna hijau ini bisa diartikan juga sebagai warna religius agama Islam.

Warna hijau sering digunakan dalam desain , dikarenakan warna hijau dapat menunjukan informasi positif yang berlawanan dengan warna merah yang menunjukan informasi negatif.

Putih

Warna ini merupakan warna gabungan dari semua warna. Putih melambangkan netralitas atau ketidakberpihakan. Kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Kok bisa ? , ini dikarenakan warna putih dapat memberi kesan kebebasan dan keterbukaan.

Adapun kekurangan warna putih ini ialah memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi dari warna lain. Bagi pekerja kesehatan, warna putih memberi kesan steril. Putih digunakan sebagai warna yang murni tanpa campuran apapun yang memberi arti yang suci dan bersih. Untuk design yang minimalis penggunaan warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat.

Hitam

Warna ini merupakan warna yang paling gelap dari semua warna. Hitam adalah kondisi dari ketidakhadiran sedikitpun warna atau cahaya di dalam sebuah ruang gelap. Hitam menyerap seluruh cahaya dalam spectrum warna.

Warna hitam sering digunakan sebagai simbol dari ancaman ataupun simbol kejahatan , tetapi juga terkenal sebagai indikator kekuasaan atau hal misterius. Contoh penggunaan warna hitam yaitu digunakan untuk melambangkan karakter Dracula dan sering dikaitkan dengan sihir. Tapi dalam sudut positif , hitam melambangkan juga keanggunan dan kecanggihan.

Orange

Warna orange ialah warna antara merah dan kuning yang mana pada akhirnya menghasilkan suatu warna yang lembut namun tetap cerah di mata. Warna ini adalah warna alternative bagi yang ingin berani tapi tidak setegas merah dan ingin warna cerah tapi tidak sepucat kuning. 

Dalam Ilmu Psikologis warna ini menimbulkan rasa damai. Dan secara filosofis, warna orange melambangkan kemudaan, kebaruan, atau kesegaran.

Ungu

Warna ini merupakan warna yang menunjukan sisi feminim namun kuat. Ada mitos unik bahwa bagi beberapa orang yang alergi terhadap ungu, maka ia akan merasakan lidahnya menjadi asam, kepalanya menjadi gatal. Namun jika dia sering melihat warna ungu dan tidak alergi, dipercaya dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Secara filosofis warna ungu melambangkan glamoritas atau kemewahan, kekuasaan material. Warna yang jarang ditemukan di alam membuat ungu menjadi warna yang unik , eksentrik, dan berkesan modern. Penggunaan warna ungu ini jarang digunakan dibandingkan warna yang lain. Warna ini biasanya ditemukan pada pakaian pesta, neon kedaraan , maupun desain ruangan.

Cokelat

Warna ini merupakan warna campuran antara kuning, merah , dan hitam. Sehingga menghasilkan suatu warna lembut dan hangat yang tidak terlalu kuat dan mencolok.

Dalam Ilmu Psikologis , warna cokelat dapat menimbulkan perasaan teduh, hangat, namun dapat juga menimbulkan kesan gerah. Sementara di lain sisi, ia pun dapat menambah selera makan. Warna cokelat cukup sering digunakan sebagai warna utama oleh perusahaan rumah dan makanan terutama yang menyajikan menu makanan dan minuman yang hangat seperti roti, daging, ataupun kopi.

Secara filosofis, warna cokelat yang identik dengan tanah dan kayu melambangkan kehidupan, naturalitas, klasik, eksotis, dan kemewahan. Warnanya yang netral juga cocok untuk diterapkan sebagai warna dasar berbagai bangunan dan perabotan.

Pink

Warna ini dijuluki warna feminim, karena warna ini dapat menimbulkan kesan lembut, feminim, dan sering disangkutpautkan dengan cinta. Dalam Ilmu Psikologis, warna ini justru dipercaya dapat melemahkan mental dan kekuatan, tapi sekaligus juga meluluhkan hati sehingga bila dijadikan sebagai warna dasar ruangan warna ini bisa jadi membuat nyaman dan relaks terutama bagi wanita, sementara bagi laki laki biasanya malah geli bila memakai warna semacam ini.

Secara filosofis warna ini melambangkan pribadi wanita dan kasih sayang. Warna pink ini bukanlah warna sensual yang menantang, melainkan warna romantic yang bisa menghipnotis. Maka dari itu penggunaannya biasanya bertepatan dengan suasana romantis dan kadang kala tidak terpisahkan dari lambang cinta atau hati.

Emas

Emas adalah warna yang menimbulkan kesan hangat dan elegan. Secara filosofis warna emas ini mempunyai makna yaitu kemewahan, berharga, gemilang, kemenangan, kesuksesan, dan hal lain yang berhubungan dengan hal positif.

Warna ini sering kita jumpai dalam acara acara seperti acara pernikahan , acara penghargaan, dan juga ditemukan dalam berbagai buku berharga seperti kitab suci atau kitab lainnya. Warna emas mungkin hanya akan jadi warna dasar dalam wujud piala, plakat, maupun medali.

Mungkin hanya ini yang bisa saya share kali ini , semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan bagi kamu . Matahari terbit dari timur , awan terbang mebumbumbung tinggi , taka ada yang tahu batasan umur , sampai jumpa lagi.
Load disqus comments

0 komentar