Sabtu, 04 Maret 2017

Apa itu Indie dalam Film, Musik dan Game



Pasti kalian sering mendengar istilah; Game indie, Musik indie ataupun Film indie tapi apa itu sebenarnya? singkatnya menurut artikel-artikel yang saya baca mengenai indie yaitu sesuatu yang memang didirikan sendiri tanpa bantuan orang lain, indie juga diambil dari kata independent  yang berarti berdiri sendiri, bebas.

jadi apa arti indie dalam Game, Musik dan Film?

Indie Game

indie game atau game indie adalah game yang dibuat sendiri tanpa adanya bantuan dari penerbit, game indie juga biasanya dibuat dengan tim yang terbilang kecil antara 1 sampai 7 orang yang mengharuskan tim tersebut untuk multi-tasking (menggambar dan memprogram).

Lalu game indie apa saja yang memang telah berhasil? diantaranya ada:

1.Minecraft

Game ini pasti tak asing lagi di telinga kita, mungkin beberapa dari kita pasti ada yang pernah memainkannya termasuk saya :) , kira-kira 6 tahun lalu (2011) seseorang yang dipanggil Notch mengembangkan game ini sebagai proyek mandiri, dia terinspirasi untuk membuat Minecraft oleh beberapa game seperti Dwarf Fortress, Dungeon Keeper, dan Infiniminer.

2.Flappy Bird

hehe yang ini pasti kalian tahu game apa wkwkwk Berdasarkan majalah Forbes game ciptaan Don Nguyen ini berhasil meraup $50.000 setiap harinya. dengan tim 1 orang dan waktu produksi yang sangat singkat. wow bisa gitu ya.

Musik Indie

Msuik Indie atau band indie merupakan musik yang berdiri sendiri, sama halnya dengan Game indie musik indie dibuat tanpa melibatkan Produser besar, untuk pemasarannyapun biasanya melalui teman-temannya ataupun melalui media sosial tak jarang mereka juga melakukan konser-konser kecil untuk memperkenalkan lagu-lagunya.

Indie pada musik bukanlah genre jadi yang beranggapan bahwa indie itu genre salah besar, sesuai dengan arti kata indie/independent yang berarti berdiri sendiri, bebas jadi bisa dibilang indie pada musik adalah gerakan musik yang bebas dan mandiri tidak bergantung pada lebel musik.

Band indie juga cenderung menciptakan lagu sesuai dengan apa yang mereka suka dan genre apa yang mereka inginkan, tak jarang lagu-lagu yang diciptakannya pun sangat anti mainstream dari lagu-lagu yang beredar di pasaran.


Film indie

jika kalian membaca artikel diatas mungkin sudah dapat menyimpulkan apa itu Flm idnie secara samar-samar, ok langsung saja saya akan coba jelaskan.

Film indie atau ada juga yang menyebutkan Film independen adalah film yang diproduksi sebagian besar ataupun seluruhnya diluar studio  besar, melainkan dibuat atau diproduksi oleh lembaga hiburan independen (mandiri).
Singkatnya film indie dibuat tanpa naungan badan usaha resmi seperti PT atau CV dan dananya berasal dari perseoranganan  ataupun kelompok yang memproduksi film tersebut.

jadi misalkan saya membuat film yang berdurasi pendek dengan teman-teman saya dan dananya berasal dari saya sendiri ataupun dari patungan itupun bisa disebut film indie

*Catatan film indie tidak terbatas dengn durasi, film pendek juga bisa dikategorikan sebgai film indie jika memang dibuat diluar naungan studio besar, beda lagi ceritanya jika Disney membuat fiilm pendek itu tidak bisa lagi dikategorkan sebagai film indie.

Biasanya film indie seringkali diikutsertakan kedalam kopetisi taupun festival yang bergengsi jika film indie tersebut sukses dalam ajang bergengsi bisa saja film tersebut dilirik oleh distributor/studio besar dan film tersebut bisa saja tayang pada Bioskop ataupun Tv.

ini dia beberapa film indie indonesia yang tembus internasional:

Filosofi Kopi


Tabula Rasa
Load disqus comments

0 komentar